Halo, Sobat Biwara!!
Kalian tahu gak sih terkait Produk MY MON?
Kita bahas bareng-bareng, yuk!
Profil Kelompok
Sebelum mengenal produknya, yuk kita berkenalan dengan teman-teman di balik produk MY MON ini!!
Diketuai oleh Muhammad Farrel Ryandra Ardaffa, bersama Ega Adhining Tyas di bidang Keuangan, Ratri Nursetiani di bidang Pemasaran, serta Hanifah Putrirahmah Ningrum dan Wahyu Muchlisoh di bidang produksi, nihh!!
Profil Produk
Sobat Biwara penasaran gak sih, apa yaa arti dari nama produk MY MON?
MY MON berarti LEMONKU. Maknanya, MY MON adalah minuman milik konsumen yang sudah membeli produk ini. Selain itu, MY MON memiliki kesan yang menarik dan mudah diingat, kan?
Ide Dasar Penciptaan Produk
Ide dasar dari penciptaan produk MY MON ini adalah berasal dari program Tunas Bima, dengan melakukan pembuatan produk dari produk segar lemon. Lemon seringkali diolah menjadi produk minuman seperti sari lemon maupun infused water. Namun MY MON berbeda, lho! MY MON merupakan produk perasan lemon yang dicampur sirop dan soda.
Mengapa sirop? Ini bertujuan agar produk MY MON memiliki varian rasa, sehingga konsumen memiliki opsi. Mengapa soda? Karena soda dapat menciptakan sebuah minuman menjadi lebih menyegarkan. Selain itu, soda menjadi salah satu minuman yang diminati milenial.
Sejarah Singkat Pembentukan Kelompok
Sobat Biwara tahu gak, siapa ya yang menentukan pembentukan kelompok dari program ini?
Ternyata, Fasilitator Tunas Bima yang membentuk kelompok, hingga terbentuk ide yang luar biasa dari teman-teman kita yang keren ini!!
Perjalanan Pembuatan Produk
Jadi penasaran kan, bagaimana sih perjalanan pembuatan produk MY MON ini.
Diawali dari melakukan uji coba produk sebanyak 5 kali. Selain itu, MY MON juga mengembangkan MY MON ALAMI yang berbahan bunga telang dan daun suji, yaitu produk MY MON yang pembuatannya tanpa sirop maupun soda. Perjalanan pembuatan produk ini juga melalui proses survei dan tester, untuk mengevaluasi produk agar dapat lebih baik. Wah, ternyata cukup panjang yaa perjalanannya.
Kendala yang Dihadapi
- Belum balik modal saat mengikuti event karena perlu menyewa stand untuk memasarkannya. Namun, dari event itulah, teman-teman memanfaatkan kesempatan untuk melakukan branding produk MY MON ini.
- Pemasaran. MY MON adalah produk baru yang belum terlalu dikenal masyarakat secara luas, sehingga diperlukan branding yang gencar agar semakin banyak masyarakat yang mengetahui produk MY MON dan manfaatnya.
- Musim Hujan. Dengan kondisi musim hujan, banyak konsumen yang merasa ragu untuk membeli produk minuman. Tapi, teman-teman kita ini gak kehabisan ide, nih! Produk MY MON akan dikembangkan, supaya tetap diminati konsumen meskipun pada musim hujan.
- Lokasi Produksi. Belum adanya lokasi produksi yang khusus untuk pembuatan produk MY MON.
- Kendala membagi waktu antara penjualan MY MON dan program magang.
Harapan terhadap Produk MY MON
Harapan terhadap produk MY MON, yakni produk ini tetap bisa berlanjut meskipun Program Tunas Bima sudah selesai. Sehingga, mahasiswa dapat belajar berwirausaha dalam membuat produk dan strategi memasarkannya agar produk tersebut lebih dikenal masyarakat.
Wahh, gimana Sobat Biwara, keren-keren banget kan? Semoga semakin banyak yaa, teman-teman mahasiswa dan mahasiswi yang berani menyalurkan idenya dalam berwirausaha. Terutama, Sobat Biwara, nih!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar