Identifikasi Bauran Pemasaran. Solusi Mengenali Usaha Agar Cepat Berkembang

Halooo Genbi!!!!

Apa kabar kalian?

Kali ini, Biwara Blog mau ngajak kalian buat lebih mengenali usaha kalian, nih?

(Sumber: idcloudhost.com)


Tapi, gimana caranya, yah?

Yang namanya usaha pasti ngga jauh-jauh nih dari yang namanya Bauran Pemasaran. Bauran pemasaran ini digunakan untuk mengidentifikasi sub-sub usaha seperti produk, harga, tempat, hingga orang dalam menjalankan suatu usaha. 

Masih belum paham, bestie?

Yuk kita kulitin lebih dalam biar kalian tau apa sih pentingnya bauran pemasaran dalam suatu usaha.

Jadi, Bauran Pemasaran menurut Kotler dan Amstrong, adalah alat pemasaran yang taktis yang bisa dikendalikan. Bentuk alat pemasaran inibisa dalam bentuk 4P yaitu product, price, place, dan promotion yang nantinya akan dikombinasikan untuk menghasilkan keuntungan maksimal. Yuk kita bahas satu-satu!

1. Product (Produk)

Produk merupakan suatu barang atau jasa yang ditawarkan kepada pelanggan.

Jangan lupa nih, kalian harus tau kebutuhan pasar target pasar kalian. Jika produk yang kita jual sesuai dengan permintaan pasar saat itu, maka nilai penjualan produk juga akan meningkat.

2. Price (Harga)

Harga merupakan nilai tukar atau nilai yang dikorbankan untuk mendapatkan suatu barang atau jasa.

Penentuannya harga dapat dikelompokkan berdasarkan kualitas dan kerumitan proses produksi. Selain itu, kita juga harus memperhatikan kelas sosial dari pasar yang kita tuju.

3. Place (Tempat)

Tempat merupakan suatu media atau wilayah untuk memproduksi produk seperti barang dan jasa serta menjadi tempat pendistribusian produk.

Dalam menentukan tempat, kita harus memperhatikan letak wilayah, kemudahan mobilitas, serta jangkauan terhadap pasar.

4. Promotion (Promosi)

Promosi merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan produk yang ditawarkan kepada konsumen.

Untuk menentukan cara promosi yang tepat, kita harus memperhatikan siapa target pasar kita. Penentuan cara promosi juga dapat dilakukan berdasarkan segi usia, kepribadian, dan kelas sosial.

Sekarang Genbi udah tau kan apa itu bauran pemasaran atau biasa disebut marketing mix itu, jadi jangan bingung lagi ya, bestiee!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar